Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup

VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN PROGRAM STUDI S2 PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN LINGKUNGAN HIDUP PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2018.

Visi program studi

Visi Prodi S-2 PKLH PPs UNM sejalan dengan visi Program Pascasarjana dan Universitas Negeri Makassar seperti berikut ini:

  1. Visi Universitas Negeri Makassar:

Pusat pendidikan, pengkajian, dan pengembangan ilmu pendidikan, sains, teknologi, dan seni berwawasan kependidikan dan kewirausahaan.

  • Visi PPs Universitas Negeri Makassar:

Sebagai pusat pendidikan yang unggul di bidang ilmu kependidikan dan non kependidikan yang profesional berwawasan kearifan lokal dan berjiwa kewirausahaan pada tahun 2025.

  • Visi Prodi S.2 PKLH PPs Universitas Negeri Makassar:

Sebagai pusat pendidikan, pengkajian dan pengembangan pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup yang terkemuka dilandaskan pada pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development) yang berwawasan kearifan lokal dan berjiwa kewirausahaan.

Terkemuka mengandung makna program studi S2 PKLH PPS UNM memiliki keunggulan dibandingkan dengan perguruan tinggi lain baik dalam hal sumber daya manusia maupun sarana prasarana dalam menghasilkan magister  pendidikan kependududkan dan lingkungan hidup di Indonesia

Pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development) yang berwawasan kearifan lokal dan berjiwa kewirausahaan adalah konsep pembangunan yang memperhatikan pemanfaatan dan kelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup dengan potensi kearifan lokal dalam pengembangan jiwa kewirausahaan.

Misi program studi

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan yang bermutu tinggi dan efektif dalam mengembangkan ilmu-ilmu pendidikan kependudukan dan lingkungan hidup dengan pendekatan multidisiplin.
  2. Menyelenggarakan riset PKLH sebagai ilmu terapan yang dapat menjadi acuan ilmiah bagi pengambilan keputusan dalam upaya peningkatan kualitas hidup penduduk dan perlindungan lingkungan.
  3. Menerapkan konsep-konsep PKLH dalam aktivitas pengabdian masyarakat yangberwawasan kearifan lokal dan berjiwa kewirausahaan.
  4. Membangun kemitraan dengan lembaga-lembaga terkait khususnya dalam pengembangan ilmu-ilmu PKLH.

Tujuan program studi

Berdasarkan visi dan misinya, maka dapat dirumuskan tujuan Program Studi S-2 PKLH PPs UNM, sebagai berikut:

  1. Menghasilkan magister PKLH yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mandiri, memiliki wawasan luas dengan pendekatan multidisiplin, dan diakui pada tingkat nasional maupun internasional.
  2. Menghasilkan karya-karya penelitian dalam bidang PKLH yang inovatif dan bermutu serta dipublikasikan di tingkat nasional maupun internasional;
  3. Menghasilkan aktivitas  pengabdian kepada masyarakat yang  berkaitan dengan konsep-konsep PKLH yang berwawasan kearifan lokal dan berjiwa kewirausahaan.
  4. Menghasilkan kerja sama bidang PKLH yang terkait dengan isu Sustainable Development.