Pendidikan Vokasi Keteknikan

RASIONAL

Program Studi Doktor Pendidikan Vokasi Keteknikan dibuka berdasarkan Surat Ijin Pembukaan dari Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 655/KPT/I/2018, tanggal, 14 Agustus 2018. Lulusan Program Studi (S-3) Pendidikan Vokasi Keteknikan (Kejuruan) dan Keteknikan mempunyai Profil 1) Researcher; 2) Inovator; 3) Leader; 4) Lecturer.

  1. Researcher

Lulusan harus mampu mengembangkan pengetahuan teknologi dan atau seni baru didalam Bidang Pendidikan Vokasi (Kejuruan) dan Keteknikan atau praktek profesionalnya di dunia Pendidikan Vokasi dan Keteknikan melalui penelitia, serta mampu memecahkan permasalahan di bidang Vokasi, Teknologi, dan Keteknikan melalui pendidikan inter, multi dan atau transdisiplin.

  • Inovator

Lulusan harus mampu menghasilkan karya penelitian inovatif, orisinil, dan teruji berdasarkan kaidah ilmiah yang mendorong pengembangan ilmu di bidang Pendidikan Vokasi (Kejuruan) Keteknikan.

  • Leader

Lulusan harus mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan penelitian dan lembaga yang terkait dengan Bidang Ilmu Pendidikan Vokasi, Kejuruan dan Keteknikan.

  • Lecturer

Lulusan harus mampu mendesiminasikan manfaat penelitian bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan kemaslahatan manusia.

VISI KEILMUAN

Menjadi penyelenggara Program Doktoral Pendidikan Vokasi Keteknikan yang unggul dan berwawasan kewirausahaan pada tahun 2025.

MISI

  1. Mengembangkan Pendidikan Vokasi Keteknikan dengan pendekatan interdisipliner berbasis keterpaduan antara Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat serta Kemanusiaan.
  • Menyelenggarakan Pendidikan untuk menghasilkan ahli Pendidikan Vokasi Keteknikan bergelar Doktor yang mampu teori dan praktik Penelitian, serta Pengabdian kepada masyarakat dan kemanusiaan.
  • Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan IPTEKS untuk menghasilkan karya akademik yang unggul.
  • Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat melalui penerapan hasil-hasil penelitian berwawasan kewirausahaan.
  • Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas dan kinerja Program Studi Pendidikan Vokasi Keteknikan.
  • Mengembangkan jaringan komunikasi dengan PT yang bereputasi di dalam dan luar negeri dalam mengembangkan Pendidikan Vokasi Keteknikan.
  • Terwujudnya resourcing sharing baik di dalam maupu di luar UNM dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara terpadu.

TUJUAN

Menghasilkan ahli Pendidikan Vokasi Keteknikan bergelar Doktor yang professional, mampu memadukan teori dan praktik penelitian dan pengabdian masyarakan dan kemanusiaan untuk mewujudkan masyarakat.

Menghasilkan lulusa yang mampu berinovasi kreatif dan kritis berwawasan IPTEKS dan kewirausahaan.