Pendidikan Ekonomi

LATAR BELAKANG

Perkembangan ilmu dan penerapan teknologi di era pasar bebas, menuntut kesiapan sumber daya manusia (SDM) yan berkualitas. Pengembangan SDM yang berkualitas tidak dapat dipisahkan dari peranan pendidikan ekonomi. Dengan demikian, tenaga-tenaga pengajar profesional dalam bidang pendidikan ekonomi semakin dibutuhkan, baik dalam dunia pendidikan (pendidikan tinggi, menengah, dan pendidikan dasar), maupun bidang-bidang lain yang membutuhkan pendidikan ekonomi dalam meningkatkan Sumber Daya Manusianya.

Pendidikan ekonomi pada dasarnya merupakan suatu bidang kajian atau pembelajaran tentang bagaimana menyiapkan individu manusia sebagai pelaku ekonomi yang memiliki wawasan dan sikap (melek) ekonomi, sesuai tuntutan perkembangan jamannya. Dengan demikian, lulusan program ini diharapkan tidak hanya dapat menjadi pendidik ekonomi di berbagai jenjang pendidikan, tetapi juga di berbagai lembaga yang bertugas mengelola, meneliti, serta mengembangkan pendidikan ekonomi.

VISI DAN MISI

Visi Program Doktor Pendidikan Ekonomi PPs UNM ini adalah sebagai wadah pendidikan, pengkajian dan pengembangan ilmu Ekonomi yang berorientasi kependidikan dan berwawasan kewirausahaan sehingga memiliki keunggulan kompetitif.

Misi yang diemban:

  1. Menyelenggarakan program Doktor yang menguasai Ilmu Ekonomi dan kependidikan secara komprehensif dan terintegrasi;
  2. Memberikan kesempatan kepada alumni Magister (S2), baik untuk konsentrasi pendidikan Ekonomi, maupun yang non kependidikan, agar dapat mengikuti pendidikan dengan jenjang yang lebih tinggi (S3) pada minat kajian Pendidikan Ekonomi;
  3. Menelenggarakan kegiatan Tridharma perguruan tinggi pada jenjang S3 dalam bidang studi Pendidikan Ekonomi sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat; dan (4) Turut serta dalam kegiatan universitas, di dalam mengembangkan program-program studi kependidikan dalam rangka pelaksanaan perluasan mandat (wider mandate) LPTK yang menjadi universitas, khususnya dalam kaitannya dengan Pendidikan Ekonomi yang secara komprehensif dan diintegrasikan dengan pengembangan ilmu ekonomi yang sudah sangat pesat.

TUJUAN PENDIDIKAN

Program Studi Pendidikan Ekonomi bertujuan menghasilkan lulusan yang bergelar Doktor Pendidikan dalam bidang Pendidikan Ekonomi yang memiliki:

  1. Kemampuan dalam melakukan PMB di bidang Pendidikan Ekonomi, baik pada pendidikan formal maupun pendidikan non formal.
  2. Kemampuan melakukan penelitian kuantitatif dan kualitatif di bidang Pendidikan Ekonomi dalam skala populasi yang lebih luas, mampu melakukan penelitian kualitatif, dan lebih khusus penelitian pengembangan model pembelajaran Pendidikan Ekonomi baik pada pendidikan formal maupun pendidikan non formal.
  3. Kemampuan melakukan pengabdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan Pendidikan Ekonomi.

PROGRAM PERKULIAHAN

Program perkuliahan dilaksanakan dengan Sistem Kredit Semester (SKS). Jumlah SKS yang harus ditempuh sebanyak 49 SKS, ditempuh sekurang-kurangnya 6 semester, atau paling lama 10 semester, termasuk 28 SKS untuk disertasi.

Program Doktor ini lebih menekankan pada mata ajaran bidang studi pendidikan ekonomi dengan kebulatan studi yang diarahkan pada penguasaan bidang-bidang ilmu ekonomi dan pendidikan tertentu melalui mata ajaran inti dan pilihan.

Kurikulum :   html   |   pdf   |   doc

Saat ini tidak ada konten yang masuk dalam istilah ini.