Pendidikan Bahasa Inggris

  • Program Magister (S-2)

RASIONAL

Upaya mempercepat pembangunan di segala sektor kehidupan, Bangsa Indonesia memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas dan unggul di segala bidang. Peningkatan kualitas manusia hanya dapat dihasilkan melalui penyelenggaraan pendidikan yang bermutu dan profesional. Dalam hubungan itu, pendidikan bahasa yang berkualitas dan unggul akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam menghasilkan sumber daya manusia yang handal. Untuk itulah, program pendidikan Bahasa Indonesia perlu diorientasikan pada peningkatan kualitas dalam rana kompetensi dan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik, bernalar, dan benar untuk keperluan komunikasi sosial, budaya, serta pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik, bernalar, dan benar, maka dipandang perlu menyiapkan tenaga kependidikan Bahasa Indonesia yang profesional yang mampu mengajarkan Bahasa Indonesia secara efektif dan komunikatif, baik pada jenjang pendidikan dasar, menengah, maupun pada jenjang pendidikan tinggi. Selain itu, diharapkan lulusan program S-2 mampu melakukan pembaharuan di bidang pendidikan Bahasa Indonesia.

Kualitas, keunggulan, dan kehandalan tenaga pendidik, tenaga profesional, dan ahli Bahasa Indonesia yang dimaksud dengan sendirinya akan tercermin pada kualifikasi pendidikan tinggi, profesionalitas, dan keahlian yang dimilikinya. Pemenuhan profesionalitas tersebut menuntut dilakukannya usaha-usaha secara terencana dan melembaga dalam bentuk penyelenggaraan program magister (S-2) pendidikan Bahasa Indonesia

TUJUAN

Tujuan Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) PPs Universitas Negeri Makassar adalah menghasilkan Magister Pendidikan Bahasa yang profesional dalam bidang pendidikan bahasa, memiliki kompetensi komprehensif bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, terampil dan cerdas menggunakan bahasa Indonesia dalam komunikasi sosial, budaya, seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi

PROGRAM PERKULIAHAN

Program perkuliahan dilaksanakan dengan sistem satuan kredit semester (SKS). Jumlah SKS yang harus deprogram dan dilulusi melalui kuliah tatap muka 42 SKS ditempuh selama 3 semester. Proses penulisan tesis memiliki beban 8 SKS yang terdiri atas: 6 SKS untuk tesis dan 2 SKS untuk seminar proposal.

Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia menekankan kompetensi pendidikan Bahasa Indonesia dengan kebulatan studi yang diarahkan pada penguasaan bidang-bidang pendidikan bahasa Indonesia melalui paket program yang utuh.

Saat ini tidak ada konten yang masuk dalam istilah ini.