Pendidikan Biologi

  • Program Magister (S-2)

RASIONAL

Perkembangan ilmu dan penerapan teknologi di tanah air, menuntut kesiapan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Pengembangan SDM yang berkualitas tidak dapat dipisahkan dari peranan Biologi sebagai bagian dari ilmu pengetahuan. Dengan demikian, tenaga-tenaga profesional dalam bidang biologi semakin dibutuhkan, baik dalam dunia pendidikan, maupun bidang-bidang lain yang relevan.

Demi terciptanya tenaga-tenaga Biologi yang profesional maka penyempurnaan penyelenggaraan Pendidikan Biologi harus dilakukan secara berkesinambungan. Sejalan dengan hal diatas maka Program Pascasarjana UNM membuka Program Studi Pendidikan Biologi untuk tahun ajaran 2010-2011. Lulusan program ini diharapkan tidak hanya dapat menjadi pendidik biologi di berbagai jenjang pendidikan, tetapi juga di berbagai lembaga yang bertugas mengelola, meneliti, serta mengembangkan pendidikan biologi

VISI

Pada tahun 2020 menjadi Program Studi S2 Pendidikan Biologi  yang  terkemuka  dalam  bidang  pendidikan, penelitian, proses pembelajaran dan pengabdian pada masyarakat

MISI

(1) Menyelenggarakan pendidikan Magister Pendidikan Biologi.

(2) Menyelenggarakan  kegiatan  penelitian  dan pengabdian pada masyarakat

(3) Meningkatkan efisiensi dan relevansi program

TUJUAN

Secara umum Program Magister Pendidikan Biologi ini diharapkan dapat menghasilkan alumni yang professional pada bidangnya. Secara khusus  lulusan  program  ini diharapkan dapat memiliki: (1) Wawasan akademik dan profesional  luas  di  bidang  Pendidikan  biologi;  (2) Keterampilan menerapakan ilmu  yang dimilikinya dalam membina dan mengajarkan biologi di berbagi jenjang pendidikan; (3) Mengembangkan Kemampuan bernalar dalam berpikir analitis  induktif  dan deduktif dengan menggunakan  konsep  dan  prinsip  biologi  untuk menjelaskan berbagai peristiwa alam dan menyelesaikan masalah baik secara kualitatif maupun kuantitatif,  (4) Menguasai konsep dan prinsip biologi serta mempunyai keterampilan mengembangkan pengetahuan, dan sikap percaya diri sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

PROGRAM PERKULIAHAN

Program perkuliahan dilaksanakan dengan Sistem Kredit Semester (SKS). Jumlah SKS yang harus diselesaikan mahasiswa adalah 47 – 50 SKS selama 4 semester, termasuk tesis 6 SKS.

Kurikulum :   html   |   pdf   |   doc

Saat ini tidak ada konten yang masuk dalam istilah ini.