KUNJUNGAN BENCHMARKING UPM PROGRAM PASCASARJANA UNM DI UNESA & UGM

SPMI Program Pascasarjana UNM melakukan kunjungan dalam rangka kegiatan studi banding ke 2 Perguruan Tinggi di UNESA (Universitas Negeri Surabaya) pada Rabu 24 Januari 2024 dan UGM (Universitas Gadjah Mada) Jum’at 26 Januari 2024. Delegasi tim SPMI Program Pascasarjana UNM dipimpin oleh Wakil Direktur 1 PPs UNM. Tim SPMI PPs UNM diterima oleh SPMI UNESA yang diwakili oleh Dr. WIdowati Budijastuti, M.Si. selaku Direktur LPM UNESA, dan SPMRU UGM yang diwakili oleh Prof. Dr. L. Hartanto Nugroho, M.Agr. selaku Koordinator Bidang Penjamin Mutu Internal dan Akreditas Nasional SPMRU UGM. Studi banding ini berfokus pada diskusi terkait best practice Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI).

Dalam kunjungan ke UNESA, Dr. Widowati Budijastuti, M.Si. menyampaikan UNESA berkomitmen untuk selalu menjamin pemenuhan standar kualitas nasional dan internasional secara sistemik, terukur, dan berkelanjutan sehingga dapat memenuhi harapan para pemangku kepentingan. Salah satu cara untuk mewujudkan  hal tersebut adalah dengan melakukan pemantauan, evaluasi, dan perbaikan kualitas berkelanjutan dalam proses jaminan kualitas di UNESA serta melakukan pengendalian pemantauan dan perbaikan program kinerja di unit UNESA.

Prof. Dr. L. Hartanto Nugroho, M.Agr.  menyampaikan materi berbagi pengalaman tentang pelaksanaan SPMI, khususnya tentang Sistem Informasi Evaluasi Diri Program Studi (SI-EDPS) yang digunakan oleh UGM untuk mengevaluasi pelaksanaan standar setiap program studi. Prof Hartanto menyampaikan bisnis proses pelaksanaan SI-EDPS, dari proses input dilakukan oleh seluruh program studi di UGM, proses pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) oleh Auditor yang meliputi Audit Lapangan (Audit Kepatuhan) dan Audit Dokumen sampai dengan proses output hasil AMI yang dikelola oleh Tim Data SPMRU UGM.

Delegasi dari UNESA dan UGM tampak bersemangat dalam menjawab beragam pertanyaan yang diajukan oleh PPs UNM mengenai penerapan sistem evaluasi dan kegiatan penjaminan mutu lainnya. Diskusi ini menciptakan suasana forum yang positif dan produktif untuk bertukar ide-ide serta berbagi pengalaman terkait SPMI. Dengan harapan, kegiatan studi banding ini tidak hanya menjadi platform untuk berbagi pengetahuan tentang implementasi SPMI, melainkan juga untuk memperkuat budaya mutu di lingkungan Perguruan Tinggi.